KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN
Dalam buku yang berjudul "The 7 Habits of Highly Effective People" karya Stephen R. Covey, aku menemukan sebuah kalimat yang mengatakan "Manajemen adalah mengerjakan segalanya dengan benar, kepemimpinan adalah mengerjakan hal yang benar" lalu dijelaskan bahwa manajemen adalah efisiensi dalam menaiki tangga keberhasilan, kepemimpinan menentukan apakah tangganya bersadar pada dinding yang benar.
Jadi, yang aku pahami disini adalah ketika kita melakukan sesuatu dengan benar, belum tentu bahwa sesuatu itu adalah hal yang benar yang harus kita lakukan, semuanya ditentukan tergantung tujuan, apakah yang kita lakukan sudah bisa disebut benar atau tidak tergantung pada tujuan akhir yang ingin dicapai. Belum tentu sesuatu yang kita kerjakan dengan benar mengantarkan kita kepada tujuan akhir, untuk mengantarkan kepada tujuan akhir kita harus melakukan hal yang benar bukan hanya melakukan sesuatu dengan benar.
Contoh, kita tetapkan bahwa tujuan akhir kita adalah menjadi seorang dokter, untuk mencapai tujuan ini seseorang tentunya harus memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, kuliah adalah cara yang benar ketika memiliki impian besar untuk menjadi seorang dokter, ya... kita melakukan sesuatu dengan benar jika berkuliah untuk menggapai impian, namun, bagaimana jika jurusan kuliah yang kita ambil bertentangan dengan tujuan akhir, apakah kita sudah melakukan sesuatu yang benar?
Kita bisa saja terus maju ke depan, menaiki anak tangga adalah salah satu kemajuan. Namun, jangan lupa perhatikan apakah tangga yang kita naiki ini bersandar ke dinding yang benar atau tidak?. Kemajuan tidak akan mengantarkan pada tujuan akhir jika yang kau lakukan bukan hal yang benar meskipun kau melakukannya dengan benar.
Komentar
Posting Komentar